2 Manfaat Nonton TV Kabel

Nonton TV kabel kelamaan emang berbahaya soalnya kita duduk dalam jangka waktu yang lama membuat kita menjadi  couch potato. Gaya hidup ala couch potato adalah menghabiskan sebagian besar waktu dengan menonton televise sambil gemil. Gaya hidup ini lama kelamaan akan menyebabkan ganguan kesehatan. Selain itu, kita juga sudah mendengar berbagai hal buruk yang bisa disebabkan menonton TV parabola dan kabel kelamaan namun ternyata beberapa penelitian juga menunjukan bahwa ada manfaat dari kebiasaan nonton TV.

Beberapa Manfaat dari Kebiasaan Nonton TV Kabel

Berikut beberapa manfaat yang dikutip oleh majalah Men’s Health:

  • manfaat nonton tv kabelMenenangkan stress – Riset yang diterbitkan sebelumnya di buletin Personality and Social Psychology menunjukan  bahwa dengan memonton tayangan mengenai alam seperti National Geographic, Animal Planet and Discovery Channel dapat membangkitkan energi bahagi dalam tubuh sehingga dapat mengurangi stress.
  • Meningkatkan kreativitas – Dari riset yang ada dalam Journal of Consumer Research diketahui bahwa suara dari TV membuat otak merasa tergangu sehingga dia berkerja lebih keras dan meningkatkan kinerja otak. Dengan meningkatknya kinerja otak, otak akan semakin kreatif. Penelitian lain dilakukan oleh Lancaster University menunjukan bahwa tontonan yang bertema supranatural (sihir dan fiction) membuat seseorang berimajinasi shingga membantu meningkatkan kreativitas.

Memang nonton bisa menambah kreativitas dan menurunkan stress namun tetap saja disarankan untuk tidak nonton TV dalam waktu yang lama. Batasilah maksimal 3 jam nonton dan selanjutnya lakukan kegiatan seperti membersihkan rumah, masak, jalan santai atau kegiatan lainnya yang membuat Anda mengerakan tubuh Anda. Dengan mengerakan tubuh, Anda secara tidak segaja sudah meminimaliskan dampak negatif dari menonton TV kabel.

Sesuatu yang berlebihan tidak pernah baik. Samapai disini dulu kumpulan artikel ini. –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *